Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh OJL (On The Job Learning )

Kepala Sekolah (LPPKS) mengadakan pendidikan dan latihan calon kepala sekolah. Setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan seleksi akademik. Diklat tersebut dilaksanakan oleh LPPKS melalui kegiatan in service 1, On the Job Training (OJL), dan in service 2.

Untuk lebih jelasnya tentang OJL ( On The Job Learning ) silahkan download filenya di bawah ini 


File di Simpan di Google Drive
Format File Micrsosoft Words .Doc


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu: 

(1) kepribadian, 
(2) manajerial, 
(3) kewirausahaan, 
(4) supervisi, dan 
(5) sosial. Dasar kompetensi kepribadian ini akan sangat menentukan kompetensi lainnya, 

khususnya dalam melaksanakan program pendidikan nasional, propinsi, dan kabupaten/kota. Sebagai tambahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan, kepala sekolah harus mampu menunjukkan kinerjanya berdasarkan kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan.

Contoh OJL (On The Job Learning )


Tujuan OJL (On The Job Learning )

Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan laporan OJL ini adalah untuk mengetahui dan dapat meningkatkan:
  1. Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengembangkan dan meningkatkan 5 kompetensi berdasarkan Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007, Kompetensi yang dimaksud berupa kompetensi kepribadian, manajerial, sosial, kewirausahaan, dan supervisi.
  2. Menghasilkan kepala sekolah yang dapat mengarahkan dan menggerakkan guru untuk meningkatkan kuwalitas pembelajaran di sekolah.
  3. Menghasilkan kepala sekolah yang mampu mengidentifikasi masalah yang terkait dengan standar nasional pendidikan (SNP).
  4. Menghasilkan kompetensi manajerial melalui pengkajian RKS, pengelolaan kurikulum, pengelolaan keuangan, pembinaan tenaga administrasi sekolah, pengelolaan peserta didik, pengelolaan sarana prasarana sekolah, pengelolaan pendidikan dan tenaga kependidikan, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan sistem monitoring dan evaluasi pada SDN 01 Sungai Pinyuh dan SDN 11 Sungai Pinyuh.
  5. Menghasilkan kepala sekoalah yang mampu melakukan supervisi akademik kepada guru dengan teknik yang benar.
  6. Menghasilkan kepala sekolah yang mampu bekerja sama dengan pihak lain untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah.
Contoh File ini di simpan di Google Drive dengan Format file Microsoft Words ,silahkan di pelajari bila sesuai silahkan didownload dan  edit sesuai dengan keinginan bapak/ibu calon kepala Sekolah , semoga dengan adanya Contoh OJL ini dapat bermanfaat untuk semunya.