Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Info Guru Download Resume Kumpulan Materi Esensial UKG IPS 2015

Guru dapat membedakan struktur keilmuan IPS dengan ilmu-Ilmu sosial (IIS) dari aspek pendekatan pengorganisasian materi Karakteristik mata pembelajaran IPS berbeda dengan disiplin ilmu lain yang bersifat monolitik. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial seperti: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum, dan budaya. Rumusan Ilmu Pengetahuan Sosial berdasarkan realitas dan fenomena sosial melalui pendekatan interdisipliner. Karateristik mata pelajaran IPS SMA antara lain sebagai berikut. 

Preview Resume Kumpulan Materi Esensial UKG IPS 2015.Words
Format File Microsoft Words
  • Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarah, ekonomi, hukum dan politik, kewarganegaraan, sosiologi, bahkan juga bidang humaniora,pendidikan dan agama (Numan Soemantri, 2001). 
  • Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi, yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik (tema) tertentu. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner. 
  • Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan (Daldjoeni, 1981). 
  • Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS menggunakan tiga dimensi dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan manusia secara keseluruhan. Ketiga dimensi tersebut adalah ruang, waktu, nilai dan norma.
Info Guru Download Resume Kumpulan Materi Esensial UKG IPS 2015

Untuk lebih jelasnya Tentang  Resume materi esensial untuk persiapan UKG IPS sesuai dengan Kisi-kisi. Silahkan download filenya di bawah ini Semoga bermanfaat...(tinggalkan komentar sebagai masukan)