Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Aplikasi SKP Kepala Sekolah dan Aplikasi Cetak Kartu NRG Terbaru

Guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang memadai untuk menjadi tenaga pengajar. Kompetensi ini merupakan suatu pondasi guru untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi peserta didik. Keberhasilan seorang guru dalam mengajar di kelasnya tergantung pada kompetensi yang guru miliki. Kompetensi guru dari masa kemasa terus meningkat dan harus meningkat, karena zaman semakin berbeda, kebutuhan peserta didik pun semakin berbeda.Diera globalisasi ini, segala sesuatu serba instant dan canggih. Anak pun sudah mulai memasuki peran sebagai konsumen kecanggihan zaman. Dahulu permainan anak-anak cukup dengan loncat tinggi, adu kelereng, maen mobil-mobilan dari kayu dan lain sebagainya. Berbeda dengan sekarang, anak kecil sudah mampu menguasai Iped, Smartphone bahkan komputer. BErarti dengan perubahan tersebut kita sebagai guru harus merubah beberapa strategi dan metode supaya pembelajaran menyenangkan yaitu salah satunya dengan berbasis IT. Tepatnya proyktor lah yang tepat digunakan sebagai media pembelajaran. Mungkin untuk saat ini sangat sulit bagi guru yang belum menguasai IT, tetapi kalau tekad kita kuat dan ingin terus berusaha untuk belajar, bahkan metode pembelajaran berbasis IT ini sangat mudah.


Kompetensi guru dapat diukur melalaui penilaian SKP. Sekarang SKP sudah dituangkan dalam bentuk Aplikasi. Aplikasi SKP ini merupakan sebuah aplikasi untuk mengukur kemampuan guru. Penilaian SKP dilaksanakan biasanya 1 tahun sekali tepatnya di bulan November atau Desember. Penilaian ini dilakukan oleh Kepala Sekolah untuk guru dan kepala sekolah oleh pengawas. Dalam peniaian SKP banyak sekali yang harus disiapkan oleh guru diantaranya perangkat pembelajaran seperti RPP, Prota, Prosem, Silabus.
Dibawah ini merupakan screnshoot dari SKP:

Kalau dulu penilaian SKP ini hanya berlaku bagi guru dan kepala sekolah yang sudah PNS. Tapi sekarang penilaian SKP berlaku bagi semua guru baik PNS maupun non PNS. Dalam penilaian SKP ada 14 poin yang harus diperhatikan oleh guru yaitu:
1. Mengenal karakteristik peserta didik
2. Menguasai teori-teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
3. Pengembangan kurikulum
4. Kegiatan pembelajaran yang mendidik
5. Memahami dan mengembangkan potensi
6. Komunikasi dengan peserta didik
7. Penilaian dan Evaluasi
8. Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
9. Menunjukan pribadi yang dewasa dan teladan
10. Etos kerja, tanggungjawab yang tinggi dan bangga menjadi guru
11. Bersikap inkulsif, bertindak objektif dan tidak diskriminatif
12. Komunikasi dengan sesama guru, orang tua, peserta didik dan masyarakat
13. Penguasaan materi struktur kosep dan pola pikir keilmuan yang mendukung
14. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif.

Sekian dulu postingannya mengenai 14 kompetensi yang harus dimiliki guru untuk meningkatkan kemampuannya di bidang keprofesionalan. Terma kasih.

Untuk Tambahan nih bagi yang membutuhkan Aplikasi Cetak Kartu NRG bisa di download:

Aplikasi Cetak Kartu NRG


Sekian dan terima kasih